DELAPAN JALAN KEBENARAN
Ketika
Buddha memberikan khotbah pertamanya di Taman Rusa, ia memulai
'Berputarnya Roda Dharma' tersebut. Dia memilih simbol roda yang indah
dengan delapan kisi untuk mewakili Delapan Jalan Mulia. Ajaran Sang
Buddha berjalan berputar-putar seperti roda besar yang tidak pernah
berhenti, yang mengarah ke titik pusat roda, satu-satunya yang tetap,
Nirvana. Delapan jari-jari pada roda mewakili delapan bagian dari
Delapan Jalan Mulia. Sama seperti setiap jari-jari diperlukan bagi roda
untuk terus berputar, kita perlu mengikuti setiap langkah dari jalan
tersebut.
1. Pandangan Benar.
Cara yang tepat untuk berpikir tentang hidup adalah melihat dunia
melalui mata Sang Buddha - dengan kebijaksanaan dan belas kasihan.
2. Pikiran Benar. Kita adalah apa yang kita pikirkan. Pikiran-pikiran yang jernih dan baik membangun karakter-karakter yang baik dan kuat.
3. Ucapan Benar. Dengan mengucapkan kata-kata yang baik dan bermanfaat, kita dihormati dan dipercaya oleh semua orang.
4. Perilaku Benar.
Tidak peduli apa yang kita katakan, orang lain mengenal kita dari cara
kita berperilaku. Sebelum kita mengkritik orang lain, pertama-tama
kita harus melihat kelakuan kita sendiri.
5. Penghidupan Benar.
Ini berarti memilih pekerjaan yang tidak menyakiti orang lain. Sang
Buddha berkata, "Jangan mencari nafkah Anda dengan merugikan orang lain.
Jangan mencari kebahagiaan dengan membuat orang lain tidak bahagia."
6. Usaha Benar. Sebuah
kehidupan yang berharga berarti melakukan yang terbaik setiap saat dan
memiliki niat baik terhadap orang lain. Ini juga berarti tidak
menyia-nyiakan upaya pada hal-hal yang merugikan diri sendiri dan orang
lain.
7. Perhatian Benar. Ini berarti sadar akan pikiran, kata-kata, dan perbuatan kita.
8. Konsentrasi Benar.
Fokus pada satu pikiran atau objek pada satu waktu. Dengan melakukan
ini, kita bisa tenang dan mencapai kedamaian pikiran yang sejati.
Setelah Jalan Mulia Berunsur
Delapan dapat dibandingkan dengan mengolah taman, tapi dalam Buddhisme
seseorang memupuk kebijaksanaannya sendiri. Pikiran adalah tanah dan
pikiran adalah benih. Perbuatan-perbuatan adalah cara seseorang merawat
taman. Kesalahan-kesalahan kita adalah rumput liar. Mencabutinya
adalah seperti menyiangi taman. Panen adalah kebahagiaan sejati dan
abadi.
TIGA KEBENARAN UNIVERSAL
Suatu hari, Sang Buddha duduk di bawah
naungan pohon dan melihat betapa indahnya pedesaan itu. Bunga-bunga
mekar dan pepohonan memperlihatkan dedaun baru yang cerah, tapi di
antara semua keindahan ini, ia melihat banyak ketidak-bahagiaan.
Seorang petani memukul lembunya di lapangan. Seekor burung mematuk pada
cacing tanah, dan kemudian seekor elang menukik ke arah burung. Sangat
terganggu, ia bertanya, "Mengapa petani itu memukul lembunya? Kenapa
harus satu makhluk makan makhluk yang lain untuk kelangsungan
hidupnya?"
Selama pencerahanNya, Buddha
menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini. Ia menemukan tiga
kebenaran besar. Dia menjelaskan kebenaran-kebenaran ini dengan cara
sederhana sehingga semua orang bisa memahaminya.
1. Tidak ada yang hilang di alam semesta
Kebenaran pertama adalah bahwa
tidak ada yang hilang di alam semesta. Materi berubah menjadi energi,
energi berubah menjadi materi. Sebuah daun mati berubah menjadi tanah.
Bibit kecambah tumbuh dan menjadi tanaman baru. Sistem matahari hancur
dan berubah menjadi sinar kosmik. Kita dilahirkan dari orang tua kita,
anak-anak kita lahir dari kita.
Kami adalah sama seperti
tanaman, seperti pohon-pohon, seperti orang lain, seperti hujan yang
jatuh. Kami terdiri dari apa yang ada di sekitar kita, kita adalah sama
dengan segalanya. Jika kita menghancurkan sesuatu di sekitar kita,
kita menghancurkan diri kita sendiri. Jika kita menipu yang lain, kita
menipu diri kita sendiri. Memahami kebenaran ini, Sang Buddha dan
murid-muridnya tidak pernah membunuh binatang apapun.
2. Semuanya Berubah
Kebenaran universal kedua dari
Buddha adalah segala sesuatu yang terus berubah. Hidup ini seperti
sungai yang mengalir terus dan terus, terus berubah. Kadang-kadang
mengalir perlahan-lahan dan kadang-kadang cepat. Ia halus dan lembut di
beberapa tempat, tetapi kemudian halangan dan bebatuan muncul secara
tiba-tiba. Segera setelah kita pikir kita aman, sesuatu yang tidak
terduga terjadi.
Setelah dinosaurus, mammoth,
dan harimau bergigi pedang-menjelajahi bumi ini. Mereka semua mati,
namun ini bukan akhir dari kehidupan. Bentuk kehidupan lain seperti
mamalia kecil muncul, dan akhirnya manusia juga. Sekarang kita bahkan
bisa melihat Bumi dari ruang angkasa dan memahami perubahan yang telah
terjadi di planet ini. Ide-ide kita tentang kehidupan juga berubah.
Orang-orang pernah percaya bahwa bumi itu datar, tetapi sekarang kita
tahu bahwa bumi itu bulat.
3. Hukum Sebab Akibat
Kebenaran universal ketiga
dijelaskan oleh Sang Buddha adalah bahwa ada perubahan terus menerus
karena hukum sebab dan akibat. Ini adalah hukum sebab dan akibat yang
sama yang ditemukan di setiap buku pelajaran ilmu pengetahuan modern.
Dari sudut pandang ini, ilmu pengetahuan dan Buddhisme sejalan.
Hukum sebab dan akibat dikenal sebagai Karma.
Tidak pernah sesuatu terjadi pada kita kecuali kita layak menerimanya.
Kami menerima persis seperti apa yang kita dapat, apakah itu baik atau
buruk. Kita adalah keadaan kita sekarang karena hal-hal yang telah
kita lakukan di masa lalu. Pikiran-pikiran dan tindakan-tindakan kita
menentukan jenis kehidupan yang dapat kita miliki. Jika kita melakukan
hal-hal baik, hal-hal yang baik di masa depan akan terjadi pada kita.
Jika kita melakukan hal-hal buruk, hal-hal buruk di masa depan akan
terjadi pada kita. Setiap saat kita menciptakan karma baru dengan apa
yang kita katakan, lakukan, dan pikirkan. Jika kita memahami ini, kita
tidak perlu takut pada karma. Hal ini dapat menjadi teman kita. Ini
mengajarkan kita untuk menciptakan masa depan yang cerah.
Sang Buddha berkata,
"Jenis benih ditaburkan
akan menghasilkan buah seperti itu.
Mereka yang berbuat baik akan menuai hasil yang baik.
Mereka yang berbuat jahat akan menuai hasil kejahatan.
Jika Anda hati-hati menanam benih yang baik,
Anda sukacita akan mengumpulkan buah yang baik. "
EMPAT KESUNYATAAN MULIA
Dahulu
ada seorang wanita bernama Kisagotami, yang putra sulungnya meninggal.
Dia begitu berduka hingga ia berkeliaran di jalanan membawa mayat
anaknya dan meminta bantuan untuk menghidupkan kembali anaknya. Seorang
pria yang baik dan bijaksana membawanya ke Sang Buddha.
Sang Buddha berkata, "Ambilkan
segenggam biji sawi dan Aku akan menghidupkan kembali anakmu" Dengan
sukacita Kisagotami memulai untuk mencari biji sawi tersebut. Kemudian
Sang Buddha menambahkan, "Tetapi benih tersebut harus berasal dari
keluarga yang belum mengenal kematian."
Kisagotami pergi dari pintu ke
pintu di seluruh desa untuk meminta biji sawi, tapi semua orang
berkata, "Oh, ada banyak kematian di sini", "Saya kehilangan ayah
saya", “Saya kehilangan adik saya ". Dia tidak bisa menemukan satu
rumah-tangga pun yang belum pernah dikunjungi oleh sang Maut. Akhirnya
Kisagotami kembali ke Sang Buddha dan berkata, "Ada kematian dalam
setiap keluarga. Setiap orang mati. Sekarang saya mengerti ajaran Anda.
"
Sang Buddha berkata, "Tidak
seorang pun dapat menghindari kematian dan ketidak-bahagiaan. Jika orang
hanya mengharapkan kebahagiaan dalam hidup, mereka akan kecewa.."
Hal-hal tidak selalu seperti yang kita inginkan, tetapi kita dapat belajar untuk memahami mereka.
Ketika kita sakit, kita pergi ke dokter dan bertanya:
• Apa yang salah dengan saya?
• Mengapa saya sakit?
• Apa yang akan menyembuhkan saya?
• Apa yang harus saya lakukan untuk sembuh?
Sang Buddha seperti dokter yang
baik. Pertama seorang dokter yang baik men-diagnosa penyakit.
Selanjutnya dia tahu apa yang menyebabkannya. Lalu ia memutuskan apa
penyembuhnya. Akhirnya ia memberikan obat atau memberikan perawatan
yang akan membuat pasien sehat kembali.
Empat Kesunyataan Mulia
Disebut "Kesunyataan" karena menyatakan kebenaran mutlak dan disebut "Mulia" karena barang siapa yang memahaminya niscaya menjadi mulia.
1. Ada Penderitaan - Penderitaan adalah hal yang umum untuk semua orang.
2. Penyebab Penderitaan - Kita adalah penyebab penderitaan kita.
3. Akhir Penderitaan - Berhenti melakukan apa yang menyebabkan penderitaan.
4. Jalan untuk mengakhiri Penderitaan - Setiap orang bisa tercerahkan.
1. Penderitaan: Semua orang menderita akan hal ini:
Lahir - Ketika kita dilahirkan, kita menangis.
Penyakit - Ketika kita sakit, kita sengsara.
Tua - Ketika usia tua, kita akan memiliki sakit dan rasa sakit dan sulit berjalan.
Kematian - Tidak ada di antara kita yang ingin mati. Kita merasa kesedihan mendalam ketika seseorang meninggal.
Hal-hal lain yang membuat kita menderita adalah:
Bersama dengan mereka yang tidak kita sukai,
Berpisah dari mereka yang kita cintai,
Tidak mendapatkan apa yang kita inginkan,
Semua jenis masalah dan kekecewaan yang tidak dapat dihindari.
Sang Buddha tidak menyangkal
bahwa ada kebahagiaan dalam hidup, tapi dia menunjukkan itu tidak
berlangsung selamanya. Akhirnya semua orang akan bertemu dengan
beberapa jenis penderitaan. Dia berkata:
"Ada kebahagiaan dalam hidup,
kebahagiaan dalam persahabatan,
kebahagiaan dalam suatu keluarga,
kebahagiaan dalam suatu tubuh dan pikiran yang sehat,
... Tapi ketika seseorang kehilangan mereka, terdapat penderitaan. "
Dhammapada
2. Penyebab penderitaan
Sang
Buddha menjelaskan bahwa orang hidup dalam lautan penderitaan karena
ketidak-tahuan dan keserakahan. Mereka tidak memahami hukum karma dan
serakah untuk jenis kesenangan yang tidak benar. Mereka melakukan
hal-hal yang berbahaya bagi tubuh mereka dan ketenangan pikiran,
sehingga mereka tidak bisa puas atau menikmati hidup.
Misalnya, setelah anak-anak
memiliki rasa permen, mereka menginginkan lebih banyak. Ketika mereka
tidak dapat memilikinya, mereka marah. Bahkan jika anak-anak
mendapatkan semua permen yang mereka inginkan, mereka segera bosan dan
ingin sesuatu yang lain. Meskipun, mereka menjadi sakit perut dari
makan permen terlalu banyak, mereka masih menginginkan lebih. Hal-hal
yang paling diinginkan orang-orang menyebabkan penderitaan terbesar
bagi mereka. Tentu saja, ada hal-hal dasar yang semua orang harus
miliki, seperti makanan yang cukup, tempat tinggal, dan pakaian. Setiap
orang berhak memiliki keluarga yang baik, orang tua yang penuh kasih,
dan teman-teman yang baik. Mereka harus menikmati hidup dan menghargai harta benda mereka tanpa menjadi serakah.
3. Akhir penderitaan
Untuk
mengakhiri penderitaan, seseorang harus memotong sifat keserakahan dan
ketidak-tahuan. Hal ini berarti mengubah pandangan seseorang dan hidup
dalam cara yang lebih alami dan damai. Hal ini seperti meniup lilin.
Api penderitaan dipadamkan selamanya. Para Buddhis menyebutnya, di mana
semua penderitaan berakhir, sebagai Nirvana. Nirvana adalah keadaan
suka-cita yang kekal dan damai. Sang Buddha berkata, "Pemadaman
keinginan adalah Nirvana." Ini adalah tujuan utama dalam Buddhisme.
Semua orang bisa menyadari hal itu dengan bantuan ajaran Sang Buddha.
Hal ini dapat dialami dalam kehidupan sekarang ini juga.
TRI RATNA
Mengikuti Ajaran-ajaran Sang Buddha
Sang Buddha membabarkan Empat
Kebenaran Mulia dan banyak ajaran lain, tetapi di hati semuanya
menekankan hal yang sama. Sebuah kisah kuno menjelaskan hal ini dengan
baik.
Suatu kali seorang raja yang
sangat tua pergi untuk menjumpai seorang pertapa tua yang tinggal di
sarang burung di puncak pohon, "Apa ajaran Buddha yang paling penting?"
pertapa itu menjawab, "Tidak berbuat jahat, hanya melakukan perbuatan
yang baik. Bersihkan hati Anda." Raja mengharapkan mendengar penjelasan
yang sangat panjang. Dia memprotes, "Tapi bahkan seorang anak berusia
lima tahun dapat mengerti itu!" "Ya," jawab sang orang tua bijaksana,
"tapi bahkan seorang pria 80 tahun pun tidak bisa melakukannya."
Bagian I
Sang Tri Ratna
Sang Buddha tahu akan sulit
bagi orang-orang untuk mengikuti ajaran-Nya atas usaha sendiri,
sehingga ia mendirikan Tiga Perlindungan bagi mereka untuk bersandar.
Jika seseorang ingin menjadi umat Buddha, berlindung dan mengandalkan
diri pada Sang Buddha, Dharma, dan Sangha. Ini dikenal sebagai Tri
Ratna. Sangha adalah para biarawan dan biarawati. Mereka tinggal di
biara dan meneruskan ajaran Sang Buddha. Kata Sangha berarti 'Komunitas
yang Harmonis'. Sang Buddha, Dharma, dan Sangha bersama-sama memiliki
kualitas yang berharga seperti permata dan dapat membawa kita ke
pencerahan.
Tempat perlindungan adalah
tempat berlindung untuk keselamatan dan perlindungan, seperti tempat
bernaung dalam badai. Mengambil perlindungan tidak berarti melarikan
diri dari kehidupan. Namun ini berarti hidup dengan cara yang lebih
penuh dan benar.
Berlindung juga seperti orang
yang bepergian untuk pertama kalinya ke kota yang jauh. Dia akan
membutuhkan panduan untuk menunjukkan kepadanya jalan mana untuk
diikuti dan beberapa pendamping bepergian untuk membantu dia di
sepanjang jalan.
Sang Buddha adalah panduan.
Dharma adalah jalan.
Sangha adalah para guru atau para sahabat di sepanjang jalan.
Ada upacara khusus untuk
berlindung dengan Tri Ratna. Dengan pikiran yang tulus, seseorang
membacakan ayat berikut ini di depan seorang bhikkhu atau bhikkhuni.
Aku pergi kepada Sang Buddha untuk berlindung.
Aku pergi kepada Dharma untuk berlindung.
Aku pergi kepada Sangha untuk berlindung.
Untuk penganut Buddha,
berlindung adalah langkah pertama pada jalan menuju pencerahan. Bahkan
jika pencerahan tidak tercapai dalam hidup ini, seseorang memiliki
kesempatan yang lebih baik untuk menjadi tercerahkan dalam kehidupan
akan datang. Orang yang mengambil sila disebut orang awam.
PANCA SILA
Mengikuti Ajaran-ajaran Sang Buddha
Bagian II
Bagian II
Panca/Lima Sila
Semua agama memiliki beberapa
aturan dasar yang menetapkan apa yang disebut tingkah laku yang baik
dan tingkah laku apa yang harus dihindari. Dalam Buddhisme, aturan yang
paling penting adalah Lima Sila. Sila ini diturunkan dari Buddha
sendiri.
1. Tidak Membunuh – Menghormati hak untuk hidup
2. Tidak Mencuri – Menghormati harta benda orang lain
3. Tidak Melakukan Penzinaan – Menghormati kodrat murni kita
4. Tidak Berbohong – Menghormati kejujuran
5. Tidak Minum Minuman Keras – Menghormati pikiran yang jernih
Tidak Membunuh
Sang Buddha berkata, "Hidup ini
berharga bagi semua makhluk. Mereka memiliki hak untuk hidup yang sama
seperti kita." Kita harus menghormati semua kehidupan dan tidak
membunuh apa pun. Membunuh semut dan nyamuk juga melanggar sila ini.
Kita harus memiliki sikap cinta kasih terhadap semua makhluk, berharap
mereka untuk menjadi bahagia dan bebas dari bahaya. Merawat bumi,
termasuk sungai dan udara. Salah satu cara yang banyak umat Buddha
praktekkan dalam ajaran ini adalah dengan menjadi vegetarian.
Tidak Mencuri
Jika kita mencuri dari orang
lain, kita mencuri dari diri kita sendiri. Sebaliknya, kita harus
belajar untuk memberi dan menjaga barang-barang milik keluarga kita,
milik sekolah, atau milik umum.
Tidak Melakukan Penzinaan
Tingkah laku yang baik dengan
menunjukkan rasa hormat kepada diri sendiri dan orang lain. Tubuh kita
adalah hadiah dari orang tua kita, jadi kita harus melindungi mereka
dari bahaya. Kaum muda khususnya harus menjaga kodrat murni dan
mengembangkan kebajikan mereka. Terserah kepada pilihan mereka untuk
membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik untuk hidup. Dalam
keluarga bahagia, suami dan istri saling menghormati.
Tidak berbohong
Kejujuran membawa perdamaian
pada dunia. Ketika ada kesalah-pahaman, hal terbaik adalah
membicarakannya. Sila ini termasuk tidak menggosip, tidak memfitnah,
tidak ada kata-kata kasar dan tidak ada kata-kata yang tak berarti.
Tidak Minum Minuman Keras
Sila kelima didasarkan pada
menjaga pikiran yang jernih dan tubuh yang sehat. Suatu hari, ketika
Sang Buddha sedang berbicara Dharma untuk majelis, seorang pemuda yang
mabuk terhuyung-huyung masuk ke dalam ruangan. Dia tersandung beberapa
biksu yang sedang duduk di lantai dan mulai memaki-maki dengan keras.
Napasnya berbau alkohol dan memenuhi udara dengan bau yang memuakkan.
Bergumam pada dirinya sendiri, ia terhuyung-huyung keluar dari pintu.
Semua orang heran melihat
perilaku kasarnya, tapi Sang Buddha tetap tenang. "Majelis yang
terhormat!" ia berbicara, "Lihatlah orang ini. Ia pasti akan kehilangan
kekayaan dan nama baik. Tubuhnya akan menjadi lemah dan sakit-sakitan.
Siang dan malam, ia akan bertengkar dengan keluarga dan teman-temannya
sampai mereka meninggalkannya. Yang terburuk adalah bahwa ia akan
kehilangan kebijaksanaan dan menjadi bodoh."
Sedikit demi sedikit, kita
dapat belajar untuk mengikuti sila-sila ini. Jika kita kadang-kadang
lupa, kita dapat memulainya lagi. Mengikuti ajaran-ajaran ini adalah
pekerjaan seumur hidup. Jika seseorang membunuh atau melukai perasaan
seseorang karena kesalahan, itu adalah melanggar sila, tapi itu tidak
dilakukan dengan sengaja.
SAMSARA
Bagian III
Roda Kehidupan/Samsara
Umat Buddha tidak percaya bahwa kematian adalah akhir kehidupan. Ketika seseorang meninggal, kesadaran seseorang pergi dan memasuki salah satu dari enam jalan kelahiran kembali.
- Makhluk Surgawi
- Manusia
- Asura adalah makhluk yang memiliki banyak hal yang baik dalam kehidupan, tapi masih suka melawan. Mereka muncul di langit atau di bumi sebagai orang atau hewan.
- Hantu Kelaparan adalah makhluk-makhluk yang menderita kelaparan terus-menerus.
- Makhluk-makhluk Neraka
Bagaimana Melepaskan Diri dari Roda Kehidupan
Roda kehidupan dan kematian tetap berputar akibat tiga racun dari Ketamakan, Kebencian, dan Kebodohan. Dengan memotong tiga racun ini, kita dapat melepaskan diri dari roda kehidupan dan menjadi tercerahkan.
Ada 4 tingkatan Pencerahan :
- Para Buddha – sempurna dalam pencerahan
- Para Bodhisattva – mencerahkan diri sendiri maupun orang lain
- Para Pratyekabuddha – para petapa yang mengasingkan diri dan mencapai pencerahan atas usaha sendiri
- Para Arahat – mencerahkan diri sendiri
KITAB SUCI BUDDHIS, SIMBOL dan FESTIVAL
- Dharma mengungkapkan pemahaman Buddha tentang kehidupan. Sang Buddha mengajarkan banyak orang, tetapi ia sendiri, tidak menulis apa-apa, seperti Yesus tidak menulis apa pun. Mereka berdua menjalani kehidupan yang utuh. Murid-muridNya ingat kata-kataNya dan membacanya secara teratur. Kata-kata Beliau ini dikumpulkan ke dalam buku yang disebut Sutra. Ada banyak Sutra, sehingga Buddhisme tidak hanya memiliki kitab suci tunggal, seperti Alkitab Kristen atau Quran dari Islam.
Sutra pertama ditulis pada daun lontar dalam bahasa Pali dan Sanskerta, bahasa India kuno. Mereka dikumpulkan bersama dalam koleksi yang disebut Tripitaka, yang berarti 'tiga keranjang'. Merekai dibagi menjadi tiga bagian.
Vinaya Pitaka ~ Aturan untuk biarawan dan biarawati
Abhidharma Pitaka ~ ajaran Buddha tentang etika, psikologi dan metafisika
Buddhis memperlakukan Sutra dengan penuh hormat dan menempatkannya di rak tertinggi di daerah yang paling dihormati.
Bagian II
Simbol-simbol Buddhis
Simbol Buddhis memiliki arti khusus yang mengingatkan kita tentang ajaran Buddha. Ruang atau bangunan utama disebut tempat yang suci atau Aula Buddha. Di depan ruangan ini, ada sebuah altar. Ada banyak hal yang indah di altar. Berikut adalah beberapa dari mereka:
Gambar/Patung Buddha
Persembahan Tradisional
Instrumen Dharma
Gambar/Patung (Imej) Buddha
Beberapa orang percaya bahwa Buddhis menyembah berhala, tetapi ini tidak benar. Buddhis membungkuk atau memberi persembahan bunga dan dupa dalam penghormatan kepada Sang Buddha, bukan untuk imej Buddha. Ketika mereka melakukannya mereka bercermin pada nilai-nilai Buddha dan terinspirasi untuk menjadi seperti dia. Imej Buddha tidak diperlukan, tetapi cukup membantu. Yang paling penting adalah untuk mengikuti ajaran Buddha.
Ada berbagai macam Imej Buddha dan Bodhisattva yang menunjukkan kualitas yang berbeda. Sebagai contoh, sebuah patung Buddha dengan tangan bertumpu di pangkuannya dengan lembut mengingatkan kita untuk mengembangkan kedamaian dalam diri kita sendiri. Sebuah patung dengan tangan kanan Buddha menyentuh tanah menunjukkan tekad.
Persembahan Tradisional
Persembahan tradisional untuk menunjukkan rasa hormat kepada Sang Buddha.
Bunga - ditawarkan sebagai pengingat seberapa cepat hal berubah
Cahaya dari lampu atau lilin - melambangkan kebijaksanaan
Dupa - mengingatkan seseorang untuk menjadi damai
Air - mewakili kemurnian
Makanan - mengingatkan kita untuk memberikan yang terbaik untuk Buddha.
Instrumen Dharma
Instrumen-instrumen (alat-alat) yang digunakan dalam upacara-upacara dan meditasi disebut instrumen Dharma. Setiap instrumen memiliki penggunaan tertentu. Misalnya, alat tabuh-tabuhan kecil (Muyu/wooden fish – lihat gambar) dipukul untuk menjaga ritme/irama.
Lonceng - memberikan sinyal dalam upacara dan meditasi
Drum - mengumumkan upacara dan menjaga ritme
Gong - mengumumkan upacara dan kegiatan
Muyu – menjaga irama sambil melantunkan lagu/doa
Bunga teratai melambangkan pencerahan yang dijelaskan dalam puisi tersebut.
Teratai memiliki akar di lumpur,
Tumbuh melalui air yang dalam,
Dan naik ke permukaan.
Ia mekar menjadi keindahan yang sempurna dan kemurnian di bawah sinar matahari.
Hal ini seperti pikiran yang terbuka menuju kebahagiaan yang sempurna dan kebijaksanaan.
Pohon Bodhi
Pohon Bodhi adalah pohon pipal, semacam pohon ara yang ditemukan di India. Setelah Sang Buddha mencapai pencerahan di bawah pohon ini, ia dikenal sebagai Pohon Bodhi, Pohon Pencerahan. Ia terletak di Bodhgaya, di mana orang mengunjunginya untuk memberikan penghormatan kepada Sang Buddha. Meskipun pohon induk tidak lagi hidup, cucunya masih ada.
Bendera Buddhis
Ketika Buddha duduk di bawah Pohon Bodhi setelah pencerahannya, enam sinar cahaya keluar dari tubuhnya dan menyebar untuk bermil-mil jauhnya. Warna-warnanya kuning, biru, putih, merah, oranye dan campuran dari semua warna. Bendera Buddhis dirancang mengikuti warna-warna ini.
Stupa dan pagoda
Stupa dan pagoda adalah monumen di mana relik Buddha dan biarawan dan biarawati yang tinggi disimpan sehingga orang dapat memberi penghormatan. Relik ini adalah permata yang tetap ada setelah kremasi.
Bagian III
Festival-festival Buddhis
Buddhis memiliki banyak festival sepanjang tahun. Festival-festival ini merayakan peristiwa-peristiwa dalam kehidupan para Buddha, Bodhisattva dan guru terkenal. Selama kesempatan ini orang-orang juga bisa menyatakan berlindung (pada Tri Ratna) dan mengambil sila, atau meninggalkan kehidupan rumah untuk menjadi bhikkhu dan bhikkhuni.
Hari Buddha
Untuk komunitas Buddhis, peristiwa tahunan paling penting adalah perayaan kelahiran Sang Buddha, PencerahanNya dan PariNibbana Beliau yang dikenal sebagai Hari Waisak. Ia Jatuh pada hari bulan purnama di bulan Mei. Pada hari ini, umat Buddha mengambil bagian dalam upacara pemandian Buddha. Mereka menggunakan sendok besar mencurahkan air beraroma bunga ke patung bayi Siddhartha. Ini melambangkan pemurnian pikiran dan tindakan seseorang.
Kuil-kuil yang dihiasi dengan bunga-bunga dan spanduk, altar yang sarat dengan persembahan; makanan vegetarian yang disediakan untuk semua, dan hewan tawanan, seperti burung dan penyu dibebaskan. Ini adalah hari yang sangat menyenangkan untuk semua orang.
Hari Dharma
Asalha Puja atau Hari Asadha, yang dikenal sebagai 'Hari Dharma', dirayakan selama bulan purnama pada bulan Juli. Liburan ini memperingati khotbah pertama Sang Buddha kepada lima biksu di Taman Rusa di Benares.
Hari Sangha
Hari Sangha atau Hari Kathina ini biasanya diadakan pada bulan Oktober. Dalam tradisi Theravada, para biarawan dan biarawati mengikuti retret tiga-bulan selama musim hujan. Setelah retret, orang awam menawarkan jubah dan kebutuhan lainnya kepada mereka. Hari ini melambangkan hubungan erat antara Sangha dan orang awam.
Ketaatan terhadap Ullambana didasarkan pada kisah Maudgalyayana, seorang murid Buddha. Ketika ibu Maudgalyayana meninggal, ia ingin tahu di mana dia terlahir kembali. Menggunakan kekuatan spiritual, dia pergi ke neraka dan menemukan dia menderita sedih karena kelaparan. Dia membawakan semangkuk makanan, tapi ketika dia mencoba untuk menelannya, makanan berubah menjadi bara panas.
Para Maudgalyayana tertekan bertanya kepada Sang Buddha, "Mengapa ibu saya menderita di neraka?"
Sang Buddha menjawab, "Dalam hidupnya sebagai manusia, ia pelit dan serakah. Ini adalah pembalasan nya." Dia menyarankan, "Buatlah persembahan kepada Sangha . Jasa dan kebajikan dari tindakan ini akan melepaskan ibu Anda dan yang lainnya dari neraka." Sebagai hasil dari penawaran Maudgalyana, ibunya dan ribuan orang lain dibebaskan dari keadaaan yang tidak membahagiakan mereka. Setelah ini, membuat persembahan untuk melepaskan saudara dan orang lain dari neraka menjadi populer di negara-negara Mahayana. Biasanya, itu terjadi pada bulan September
mantap terimakasih atas ajarannya
ReplyDelete